**Besok, Rusia Tetapkan Hari Berkabung


MOSKOW – Walikota Moskow Rusia Yuri Luzhkov nyatakan, tanggal 30 Maret besok merupakan hari berkabung untuk Rusia, guna memperingati korban tewas dalam dua ledakan bom hari ini. Sementara Presiden Dmitry Medvedev ingin polisi untuk kendalikan situasi selepas ledakan.

“Hari berkabung akan dilakukan di Moskow esok hari,” ungkap Yuri Luzhkov. Luzhkov menambahkan jika yang dilakukan pemerintah saat ini adalah mencegah kepanikan menyebar. Selain itu Selasa 30 Maret bendera setengah tiang akan dikibarkan di seluruh Rusia untuk mengenang para korban ledakan bom.

Menyusul ledakan dua ledakan yang melanda Kereta Moskow Metro hari ini, Presiden Rusia Dmitry Medvedev meminta Kepolisian Rusia serta pihak Keamanan Domestik Rusia (FSB) untuk mengendalikan situasi selepas ledakan.

“Tindakan keras amat diperlukan menyangkut insiden ini. Jelas sekali jika ledakan tersebut telah direncanakan dengan rapih. Tujuan mereka adalah menciptakan kehancuran sekaligus mengganggu kestabilan negara,” komentar Presiden Medvedev seperti dikutip Kantor Berita Itar Tass, Senin (29/3/2010).

Medvedev juga memberikan instruksi kepada Kementrian Dalam Negeri dan FSB untuk mengendalikan situasi tanpa harus melanggar hak-hak dari warga negara. Bekas pengacara ini juga menuntut penjagaan ketat pada sistem transportasi di Rusia.

“Usaha pencegahan atas serangan teroris seperti ini amatlah rumit. Untuk melakukan penjagaan ketat dalam sistem transportasi merupakan langkah yang amat penting. Saya kira penjagaan untuk saat ini dirasa masih belum cukup,” lanjut Medvedev.

Hingga kini total 35 warga dipastikan tewas dalam dua ledakan yang mengguncang stasiun kereta metro Lubyanka dan Park Kultury di Moskow, pagi hari ini. Sebanyak 23 orang tewas di stasiun Lubyanka sementara 12 orang tewas di stasiun Park Kultury. Sementara 49 orang dikabarkan terluka akibat insiden ini.

Belum ada pihak yang bertanggung jawab dalam ledakan ini, tetapi pihak berwenang mendapatkan informasi jika aksi pengeboman merupakan aksi bom bunuh diri yang dilakukan oleh dua orang wanita. (faj)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s