**Ikan Duyung Terdampar di Bali


DENPASAR – Seekor anak ikan duyung (dugong dugon) terdampar ke Pantai Tanjung Benoa, Badung, Bali. Mamalia laut itu kondisinya sangat lemah.

“Kami masih berusaha menyembuhkan lukanya agar bisa dikembalikan ke habitatnya,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali Istanto ketika dihubungi, Senin (14/12/2009).
Ikan langka itu memiliki panjang sekira satu meter dan berat mencapai 30 kilogram itu sudah terdampar sejak Minggu 13 Desember kemarin. Peristiwa langka itu pun menjadi tontonan menarik bagi warga setempat.
Istanto menjelaskan, dugongs itu pertama kali ditemukan para nelayan dan wisatawan terdampar di sela-sela deretan perahu nelayan. Saat ditemukan, mamalia laut yang dilindungi itu terluka cukup parah terutama di bagian kepalanya.
Dilihat dari panjang dan beratnya, Istanto memperkirakan dugongs itu masih tergolong anakan dengan usia antara 3-4 tahun. Sedangkan luka-luka di kepala ikan itu, dia menduga akibat tersangkut jaring atau terbentur perahu nelayan.
Dengan kejadian ini, Istanto berharap adanya penanganan lebih baik terhadap mamalia laut yang terdampar. Mengingat sebelumnya telah banyak hewan-hewan laut yang tergolong langka seperti paus dan lumba-lumba terdampar perairan Bali.
Akhir November lalu, empat ekor paus ditemukan terdampar di Pantai Nyanyi yang tak jauh dari lokasi wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Paus-paus itu juga ditemukan dalam kondisi penuh luka.
sumber : okezone

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s