**Jumlah Sperma Rendah Karena Sering Minum Soft Drink


kopenhagen, Pria penyuka soft drink sebaiknya mulai mengurangi hobinya itu. Laki-laki yang sering mengonsumsi soft drink menghasilkan sperma 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi soft drink.

Hasil studi di Denmark menunjukkan laki-laki yang mengonsumsi 1 liter atau lebih soft drink setiap hari bisa berbahaya bagi spermanya. Padahal selama ini soft drink diketahui hanya memicu diabetes atau merusak organ di tubuh.

Tapi kini hasil studi menunjukkan pria penyuka soft drink memproduksi jumlah sperma yang lebih sedikit. Badan kesehatan dunia (WHO) menuturkan laki-laki yang memiliki jumlah sperma sedikit, umumnya berisiko lebih tinggi menjadi infertile (tidak subur).

Hubungan yang terjadi antara sperma dengan soft drink kemungkinan bukan karena faktor kafein, karena kopi tidak memiliki efek yang sama walaupun memiliki kandungan kafein yang jauh lebih tinggi. Kemungkinan ada bahan-bahan lain yang terdapat dalam minuman lambang gaya hidup moderen itu.

“Hal penting untuk dicatat bahwa orang-orang yang minum soft drink juga memiliki pola hidup yang berbeda-beda,” ujar ketua penelitian Dr Tina Kold Jensen dari Rigshospitalet di Copenhagen, Denmark, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (30/3/2010).

Dalam penelitian ini lebih dari 2.500 laki-laki muda dilibatkan. Ternyata hasil penelitian menunjukkan laki-laki yang tidak minum softdrink memiliki kualitas sperma yang lebih baik, yaitu rata-rata sebanyak 50 juta sperma per mililiter air mani dan cenderung memiliki gaya hidup yang sehat.

Sebaliknya sebanyak 93 laki-laki muda yang mengonsumsi lebih dari 1 liter soft drink dalam sehari hanya memiliki 35 juta sperma per mililiter air mani. Laki-laki yang sering minum soft drink cenderung sering mengonsumsi junk food dan sedikit makan buah serta sayur.

Dalam American Journal of Epidemiology, peneliti mencatat bahwa kafein dalam kopi atau teh tidak mempengaruhi penurunan kualitas sperma yang menonjol. Sebaiknya kafein dalam kandungan soft drink bisa menurunkan jumlah sperma yang signifikan.

(ver/ir)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s