**Pelaku Kejahatan Dibayar untuk Keluar Inggris


LONDON – Warga asing yang biasa melakukan aksi kejahatan di Inggris, “disuap” sebesar 5.000 poundsterling atau sekira Rp75,7 juta (Rp15.155 per poundsterling), untuk keluar dari negara tersebut.
Pelaku kejahatan seperti pemerkosa dan pembunuh diberikan pilihan untuk kembali ke negara asalnya dan diberikan insentif untuk menyambung hidup. Uang itu disimpan dalam kartu yang nantinya bisa dicairkan setelah para penjahat tiba di negara asal mereka. Demikian diberitakan Ananova, Rabu (23/12/2009).
Pemerintah Inggris berdalih jika skema ini mampu menghemat uang rakyat. Alasannya, langkah ini mendorong para pelaku kejahatan untuk kembali ke negaranya, dibandingkan terus menjalani proses peradilan yang menghabiskan uang rakyat. Skema ini sendiri menghabiskan dana 3,4 juta poundsterling atau sekira Rp51,5 miliar pada tahun 2008.
Namun banyak pihak mengkritik kebijakan ini sebagai sebuah sistem yang memalukan. Seorang pejabat bahkan mengatakan, jika di bawah pemerintahan Perdana Menteri Gordon Brown, aksi kejahatan dapat ditebus dengan uang, dan uangnya pun berasal dari pajak yang dibayar oleh rakyat.
Berdasarkan skema insenfif dari pemerintah Inggris, pelaku kejahatan dari luar Uni Eropa yang bersedia dipulangkan kembali ke negaranya akan diberikan dana sebesar 3.000 poundsterling atau sekira Rp45,4 juta usai menghabisi masa tahanan. Sementara mereka yang bersedia sebelum masa tahanan selesai akan diberi 5.000 poundsterling.
Program ini sepertinya memang diminati oleh para pelaku kejahatan yang berasal dari luar Inggris. Terbukti dari 5.395 tahanan asing yang ditahan di penjara Inggris, sepertiga darinya bersedia untuk mengikuti program tersebut.
sumber : okezone

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s