**Konseling Sebelum Tes HIV


Banyak orang tidak menyadari bahwa perilakunya tergolong berisiko. Contohnya, calon pasangan atau calon pengantin pernah melakukan hubungan seks dengan orang lain (bukan dengan calon suami atau calon istri saat ini) atau menjadi pengguna narkoba. Kepada mereka, sangat disarankan untuk menjalani pemeriksaan hepatitis C, penyakit menular seksual, HPV (human papiloma virus), dan HIV.

Untuk tes HIV mesti dilakukan konseling lebih dulu. Menurut Dr Yuliana MARS dari RS Pondok Indah, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh mereka sebelum melakukan tes HIV, seperti:

– Apa saja faktor risiko HIV/AIDS?
– Adanya periode jendela (window period) pada masa inkubasi HIV, saat infeksinya positif tapi hasil serologi masih negatif.
– Jika hasil tes pertama positif, harus dilakukan pengecekan ulang karena bisa terjadi kekeliruan (false positive).
– Apabila hasil tes negatif, sementara mereka berada pada kelompok risiko tinggi, perlu dilakukan tes ulang.
– Konseling diperlukan agar calon pengantin dapat bersikap bijak dengan hasil yang diterimanya dan dapat mengatasi masalah sejak dini. Perlu digarisbawahi, hasil pemeriksaan bisa dirahasiakan oleh rumah sakit atas permintaan yang bersangkutan.
– Jika kemudian hasil tes HIV positif, yang bersangkutan disarankan untuk memberi tahu sendiri kepada calon pasangannya. Apabila pernikahan tetap akan dilakukan, kedua pasangan sebaiknya juga berkonsultasi kembali dengan dokter.

Tes HIV, Hepatitis C maupun B, serta HPV, bagi pasangan pranikah sangat penting untuk mencegah terjadinya penularan atau penyebaran virus tersebut. Tes yang dilakukan meliputi anti-HIV, HbsAG, dan anti-HbsAg, anti-HCV, HPV DNA (yang lebih penting untuk wanita).

Apabila salah satu pasangan terdeteksi HbsAg positif, calon pasangannya harus divaksin hepatitis B. Penderita HbsAg positif perlu melakukan pemeriksaan lanjutan untuk menilai apakah hepatitis B tersebut akut atau kronis karier atau kronis aktif.

Jika salah satu pasangan terdeteksi penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, penggunaan kondom dan proteksi diri sangat diperlukan. (GHS/dee/est)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s