**Merawat Rambut Berminyak


Adalah hal yang menyebalkan untuk berhadapan dengan rambut berminyak. Entah berapa kali Anda harus berkeramas atau berapa banyak pun produk yang Anda gunakan, nampaknya minyak di kulit kepala tetap ada dan terus bertambah. Apa yang harus dilakukan?

Menurut James Corbett dari James Corbett Studio di New York, rambut berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum berlebih di kulit kepala. Kelenjar sebaceous yang ada di bawah lapisan teratas kulit memproduksi sebum, minyak natural yang menjaga kulit dan rambut tetap lembut, mudah diatur, dan berkilau. Sebum merupakan kondisioner alami untuk rambut yang memberikan elastisitas dan membuatnya kuat dan berkilau. Sayangnya, untuk kulit kepala berminyak, merupakan penanda bahwa tubuh kita memproduksi sebum terlalu banyak.

Sebum keluar dan muncul di kulit kepala melalui pori-pori tempat tumbuhnya rambut. Ada beberapa penyebabnya, yakni jenis makanan, hormon, stres, salah pemilihan produk perawatan rambut, dan lainnya. Kadang, permasalahan minyak berlebih di kepala disebabkan oleh masalah internal yang bisa kita hadapi secara internal dan eksternal. Berikut tips di antaranya;

1. Asupan suplemen
Tumbuhan herbal, seperti rosemary, eucalyptus, dan sage bisa membantu mengurangi produksi sebum dan membantu menambah volume rambut.

2. Bir
Percaya atau tidak, bir, minuman beralkohol ini pada zaman dulu juga digunakan untuk membersihkan rambut. Bir banyak digunakan untuk membersihkan rambut di daerah Eropa pada tahun 50-60an, namun lama kelamaan berkurang penggunaannya sejak makin majunya industri kosmetika. Bir bisa membersihkan rambut dan membuatnya lebih bervolume. Setelah keramas, bilas rambut dengan bir, biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air biasa. Air perasan lemon juga bisa memberikan dampak yang sama.

3. Kandungan sulfat
Sulfat saat ini tak lagi banyak digunakan pada produk kecantikan dan makanan. Namun, sebenarnya zat ini bisa memberikan kesan bersih lebih baik. Beberapa shampo kecantikan memiliki kandungan ini dan membersihkan rambut tanpa mengurangi kelembapan.

4. Baking soda
Menambahkan baking soda pada shampo sebelum berkeramas setiap 2-4 minggu sekali bisa membantu meluruhkan minyak pada kulit kepala yang menumpuk.

Corbett mengatakan, bahwa mengapa seseorang memproduksi sebum lebih banyak dari orang lain masih belum diketahui. Menurutnya, mencari permasalahan dan penyebabnya bisa dilakukan dengan upaya trial and error. Jika masalah ini makin berkepanjangan, Corbett menyarankan untuk menemui dan berkonsultasi dengan ahli kulit.

NAD

Editor: NF

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s