**Presiden Beri Janji, Mentan Beri Tiga Opsi


Pertama, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjanji bakal mengalokasikan bantuan bagi peternak kambing melalui APBN. Kemudian, Menteri Pertanian Suswono melanjutkannya dengan memberikan tiga opsi cara pendanaan yang bisa diperoleh oleh para peternak kambing Ettawa. Tiga opsi itu adalah lewat Kredit Ketahanan Pangan (KKP), Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP).
“Kami memang memiliki skim penyaluran kredit kepada para petani dan, tentunya, peternak, di antaranya lewat KKP yang bunganya 6 persen,” kata Suswono, saat diminta Presiden untuk langsung memberikan penjelasan kepada para peternak kambing Ettawa di halaman peternakan milik Koperasi Sangkler, Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (31/3/2010) siang.
Selain itu, menurut Suswono, pemerintah juga menyiapkan KUR di bawah Rp 5 juta tanpa jaminan. “Ini bisa diminta di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kalau di atas Rp 5 juta dengan jaminan yang 70 persennya ditanggung oleh pemerintah. Memang bunganya 22 persen. Akan tetapi, tidak apa-apa daripada di rentenir jauh lebih besar,” ujar Suswono.
Cara lain, kata Suswono, peternak bisa memanfaatkan program PUAP dari Kementerian Pertanian. “Setiap tahun, PUAP diberikan ke setiap kabupaten, minimal delapan desa dan maksimal 35 desa. Tiap kelompok tani atau kelompok peternak desa akan mendapatkan bantuan Rp 100 juta yang bisa dikelola setiap kelompok sehingga petani dan peternak bisa memanfaatkannya dengan cara meminjam dana tersebut untuk pengembangan,” ungkap Suswono.

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s