**SAMBUT Listrik Cahaya Matahari


PLR Kita pasti sudah sering (atau setidaknya pernah) mendengar istilah ‘Sel Surya’ atau yang lebih populer dengan sebutan ‘Solar Cell’. Sebenarnya apakah Solar Cell itu?… berikut saya rangkumkan penjelasan singkatnya:

Definisi: Sebuah sel surya [atau sel photovoltaic] adalah sebuah peralatan semikonduktor yang dapat mengkonversi energi foton menjadi energi listrik.

Nah, untuk menghasilkan daya dalam jumlah yang besar, umumnya sel surya dalam jumlah yang banyak dirangkai menjadi suatu array photovoltaic, Seperti yang biasa kita lIhat pada umumnya. Adapun energi foton yang dimaksud diatas (ingat pelajaran fisika…) bisa didapatkan dari sinar matahari, selain itu sebenarnya bisa juga kita dapatkan dari sinar lampu pijar hanya saja pasti sangat kecil. kenapa lampu pijar bukan neon? karena lampu neon sinarnya tidak kontinyu, pada kenyataannya dia berkedip-kedip dengan frekuensi sekian Hz, hanya saja itu terjadi dalam waktu yang sangat singkat sehingga mata kita yang terbatas ini melihatnya seolah-olah sinarnya kontinyu. hmm…kesimpulan pastinya yang dikonversi oleh solar cell adalah sinar,,,bukan panas!

Kekurangan solar cell dibandingkan sumber listrik lain yaitu hingga kini tingkat efisiensi konversi energinya masih terbilang kecil dan harganya pun masih relatif mahal. Pada dasarnya tingkat efisiensi sel surya bergantung pada bahan atau material penyusun sel, permukaan kristal, pengaruh crystal defects, bla…bla….bla… Nah, Seandainya, kalau seandainya nih, kita bisa membuat sebuah sel surya yang mempunyai efisiensi tinggi maka kita bisa membuat sumber energi saingan dari BBM yang notabene (apa ya bahasa indonesianya?) tidak ramah lingkungan. Jadi, kabar baiknya bisa dikatakan potensi Solar Cell ini masih sangat besar untuk kita kembangkan, apalagi kita tahu sinar matahari itu sumber energi terbarukan. (Penerangan Listrik Rumah) adalah paket PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik skala kecil (100-2000 Wh per hari). Berisi peralatan lengkap: modul solar cell, support modul, charge regulator, battery/accu, 3-5 lampu PLS/TL, dan saklar/socket AC/DC untuk Radio/Tape/TV, kabel, dan material instalasi. Tinggal memasang dan langsung dapat dinikmati. Menggunakan modul surya monocrystal dan polycrystal efisiensi tinggi dari Eurosolare, Fuji, R&S, Holec, Siemens, Solarex, Sunseap, BP Solar, Solar World, Solar Energie Technik, Mitsubishi, dll dengan kapasitas modul 10, 20, 40, 50, 80, 100 dan 150 WP yang dilengkapi dengan charge regulator controller yang dapat memperpanjang usia battery dan modul solar cell. System PLR juga dilengkapi dengan kabel instalasi, stop kontak,steker dan komponen pendukung sehingga pemasangan dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hanya diperlukan waktu pemasangan: 1 jam (teknisi berpengalaman), 2-3 jam (awam).

Dipasang secara individual (Satu rumah satu paket pembangkit tenaga surya). Karenanya cocok untuk program listrik rumah pedesaan (terpencil) dimana rumah satu dengan lainnya berjauhan (akan sangat mahal jika listrik disalurkan melalui jaringan kabel) dan penghematan penerangan lampu rumah untuk kota-kota .

Manfaat :

* Tidak memerlukan bahan bakar minyak (BBM) dan PLN, hanya menggunakan sinar matahari yang gratis sehingga cocok digunakan untuk daerah yang sangat terpencil, tengah laut.

* Bisa dipindah-pindah sehingga sangat fleksibel digunakan untuk tempat berpindah-pindah.

* Sebagai back-up apabila daerah tersebut sering mati lampu.

* Sebagai kombinasi listrik rumah untuk kota-kota dengan PLN.

* Perawatan sangat mudah, ramah lingkungan serta solar cell bisa bertahan sampai 10 tahun lebih.

Paket HEMAT ! PLR-4LED

Kami merancang dan merakit Paket PLR-4LED tenaga listrik matahari ini digunakan sesuai kebutuhan listrik dengan skala kecil. Paket ini menggunakan 4 buah lampu LED yang hemat energi dan battery 35Ah yang dapat digunakan penerangan rata-rata 10 s/d 14 jam sehari untuk tiap ruangan. Keunggulan paket ini harga lebih terjangkau, lampu menggunakan LED tahan lama, bisa menyala 2 s/d 3 malam, diisi hanya setiap 3-5 hari secara bergantian, tidak memerlukan kabel lampu cukup digantung/dipasang di tembok atau plafon rumah dan bisa sebagai pengganti lampu senter apabila dalam keaadaan di luar rumah. Spekifikasi :

* 1 unit Modul Solar Cell 40/50WP Type II (Poly/Monocrystal).

* 1 unit Battery 12VDC -35 Ah Mainteance Free.

* 1 unit Inverter DC to AC KS75W.

* 1 unit MCB.

* 1 unit box panel

* 4 unit lampu LED type KN-3366L.

* 1 unit kabel modul NYY 2 x 1.5mm panjang 5 meter

* 1 set Penyangga Modul (Pipa Galvanis)+ Aksesoris.

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s