**Apple Kembangkan iPod Tenaga Surya?


Tenaga matahari diduga akan menjadi sumber energi bagi gadget buatan Apple Inc. Termasuk untuk gadget seperti iPod, iPhone atau bahkan Macbook.

Dugaan itu muncul setelah ditemukan adanya pengajuan paten oleh Apple untuk gagdet yang dilengkapi panel tenaga surya. Seperti dikutip detikINET dari InformationWeek, Kamis (29/5/2008), situs MacRumors.com mengatakan panel surya itu akan itempatkan di bagian belakang layar LCD.

Dari lokasi tersebut, panel diyakini dapat menyerap cahaya matahari untuk memasok energi tambahan. Lokasi itu juga memungkinkan Apple menambahkan fitur tenaga surya tanpa merombak desain iPod, iPhone atau laptopnya.

Masalah yang biasanya muncul dari penggunaan panel surya di piranti ini adalah masalah daya tahan dan penempatannya yang menyita tempat berharga di piranti tersebut. Bidang permukaan yang terlalu kecil tidak memungkinkan untuk memberikan energi maksimal bagi piranti.

Apple sudah mendaftarkan hak paten untuk teknologi ini. Namun, Apple bukanlah perusahaan pertama yang menggunakan teknik dengan memanfaatkan tenaga matahari. Di tahun 2001, Motorola pernah memperkenalkan teknologi serupa.

Perlu diingat bahwa tidak semua teknologi yang dipatenkan oleh sebuah perusahaan nantinya akan diterapkan dalam produk komersial. Bisa jadi Apple sekadar mematenkan teknologi ini tanpa pernah menjual iPod tenaga surya.

Gatel mau ngobrolin Apple dan gadgetnya? Garuk dong di detikINET Forum
( faw / wsh )

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s