**Kota Surabaya Akan Gunakan Tenaga Surya untuk PJU


Pemkot Surabaya berencana menggunakan listrik tenaga surya untuk lampu penerangan jalan umum (PJU) atau jalan raya. Rencanan ini dilakukan karena setiap tahunnya pemkot harus mengeluarkan uang Rp 50 miliar untuk membayar tagihan PJU.

“Kita mengurangi bayar ke PLN. Kabel tidak semrawut dan banyak sisi positifnya. Ramah lingkungan dan dari segi estetika lebih bagus,” kata Walikota Surabaya Bambang DH seusai Seminar Hasil Penelitian Potensi PAD Bidang Pajak Penerangan Jalan Dinas Pajak Surabaya di Hotel Sahid, Jalan Sumatera, Selasa (29/4/2008).

Selain itu kata Bambang, masih banyak masyarakat yang mengeluh kesulitan mendapatkan sambungan dari PLN karena harus menunggu kesiapan energi dan juga daya yang terbatas. Menggunakan listrik tenaga surya jelas politisi dari PDIP, tidak diperlukan lagi kabel yang membuat semrawut.

“Lebih ramah lingkungan, tidak semrawut. Cukup dipasang di genteng-genteng. Energinya dapat disalurkan dari berbagai kebutuhan,” ujarnya.

Pria lulusan Universitas Negeri Surabaya ini menambahkan, dengan menggunakan tenaga surya atau matahari, diyakini Surabaya tidak akan kekurangan pasokan listrik. Rencana ini jelas Bambang dibahas secara serius. Bahkan sudah ada investor yang tertarik. Namun baru satu perusahaan yaitu investor dari Korea.

“Sayangnya, baru ada satu perusahaan. Maintenance-nya nanti yang sulit. Semakin banyak perusahaan makin bagus. Tapi, saya baru ketemu sekali,” tandasnya. (bdh/bdh)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s