**Kurangi Beban Listrik, Pemprov Gunakan Tenaga Surya


Pemerintah Provinsi Jatim mencoba terobosan baru untuk mengurangi beban puncak penggunaan listrik. Pemprov berencana menggunakan listrik tenaga surya atau tenaga matahari.

Listrik yang diambil dari tenaga matahari ini nantinya akan digunakan ada sore hari dimana bebena puncak penggunaan listrik tinggi. Listrik tenaga surya ini digunakan di kantor-kantor milik pemprov.

Program ini salah satu cara untuk mensukseskan program hemat energi yang dicanangkan pemerintah pusat.

“Kita menggunakan energi surya yang kita simpan dalam satu alat. Dimana alat itu bisa menyimpan energi matahari,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Jatim Tutut Herawati kepada wartawan di kantor gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Senin (11/8/2008).

Tutut mengungkapkan, satu paket alat tenaga surya ini sangat murah. Satu paket kisarannya antara Rp 6 hingga Rp 7 juta. Dan ini, kata dia, tergantung dari penggunaan masing-masing kantor. Pengoperasian ini juga sangat mudah dan simple.

“Sangat murah dan mudah. Pada musim kemarau dimana matahari banyak, maka alat ini bisa menyimpan tenaga surya dan pada sore hari atau malam hari bisa digunakan. Dan alat itu juga bisa mengisi sendiri,” tuturnya.

Kapan diberlakukan? Pihaknya masih melakukan kajian. “Kita kaji dulu,” ujarnya. (fat/fat)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s