**Mobil Hybrid Sel Surya, BYD siap diluncurkan


Produsen mobil dan baterai asal China, BYD, dengan dukungan salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, akan memulai penjualan mobil hybrid plug-in yang dilengkapi dengan panel sel surya yakni F3DM untuk masyarakat di Shenzhen.

BYD masih menunggu harapan subsidi dari pemerintah, karena para analis mengatakan, keberhasilan F3DM akan bergantung pada subsidi, akibat biaya yang relatif tinggi dibandingkan dengan mobil BYD model lain yang dijual mulai dari 30.000 yuan.

Namun, BYD menyatakan akan tetap ngotot menjual F3DM. Dan sejauh ini, perusahaan telah menjual beberapa ratus F3DM kepada pemerintah dan beberapa perusahaan di Shenzhen untuk membantu mengurangi emisi di selatan kota Cina yang ramai.

Profil Mobil BYD F3DM
Sumber tenaga Mesin bensin, Listrik dan Panel Surya
Baterai Lithium-ion Phosphate
Kecepatan Konstan 50 km per jam
Jangkauan 100 km untuk tenaga listik
Lama pengisian 20 menit
Daya tahan baterai 10 tahun
Harga Sekitar 150.000 yuan
BYD F3DM adalah mobil versi emisi rendah dengan panel surya di atap mobil, sehingga memungkinkannya untuk berjalan dengan tiga pilihan tenaga, yakni bensin, listrik dan energi surya.

Solar panel tersebut dapat mengumpulkan energi dari matahari untuk mobil di siang hari, meskipun F3DM memang tidak dirancang untuk menggerakkan mobil sendirian tanpa bantuan tenaga dari mesin bensin ataupun listrik.

Para pembeli mobil individu nantinya diharapkan bisa mendapatkan subsidi antara 3.000 yuan sampai 60.000 yuan sebagai subsidi untuk mobil ramah lingkungan dan kebijakan ini akan secara resmi diumumkan pada bulan April.

“Kita tidak perlu menunda pemasarannya, meskipun rencana subsidi pemerintah masih dalam diskusi, namun kita berharap akan diumumkan segera,” ujar juru bicara BYD, Paul Lin, seperti dilansir Reuters, Kamis (31/3/2010)

F3DM versi mesin konvensional dibanderol dengan harga hampir 150.000 yuan atau US$ 21.970.

( bgj / ddn )

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s