**Operasi Penurunan Berat Badan Pria Tingkatkan Kemampuan Seks


Gangguan seks yang biasa terjadi pada pria bertubuh sangat gemuk membaik setelah operasi untuk menurunkan berat badan, demikian hasil satu studi baru.

“Gangguan seks mesti dipertimbangkan sebagai salah satu dari sejumlah komplikasi kegemukan yang dapat diubah,” demikian kesimpulan tim studi tersebut.

Dr. Ramsey M. Dallal, dari Albert Einstein Healthcare Network, Philadelphia, dan rekannya mengukur tingkat 97 orang yang bertubuh sangat gemuk mengalami gangguan seks, dan kemudian menganalisis perubahan seks setelah mereka kehilangan berat badan cukup banyak menyusul operasi bypass perut.

Sebelum operasi, pria yang memiliki tubuh sangat gemuk memiliki kemampuan seks yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria rujukan yang disiarkan sebelumnya sebelum operasi, demikian laporan para peneliti.

Setelah mengalami penurunan rata-rata dua pertiga dari kelebihan bobot tubuh mereka, pria itu mengalami peningkatan mencolok dalam fungsi seks mereka. Jumlah penurunan berat badan meramalkan angka peningkatan.

“Kami memperkirakan bahwa seorang pria yang memiliki tubuh sangat gemuk memiliki tingkat gangguan seks yang sama dengan pria yang tidak bertubuh gemuk, dengan usia sekitar 20 tahun lebih tua,” kata para peneliti tersebut.

“Fungsi seks meningkat secara mencolok setelah operasi bypass lambung ke tingkat yang mencapai atau mendekati tolok-ukur berdasarkan usia.”

“Fungsi seks adalah aspek penting bagi kualitas hidup dan sekarang terdokumentasi dengan baik sebagai kondisi yang dapat diubah,” demikian penjelasan Dallal.

“Kami tertarik dalam memastikan fungsi seks pada perempuan, serta memahami mekanisme gangguan seks yang berhubungan dengan kegemukan,” tambah Dallal. (kpl/cax)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s