**Pemerintah Targetkan 3.000 Desa Mandiri Energi Pada 2013


Sejak diluncurkan Presiden SBY pada 2007, program Desa Mandiri Energi telah sukses diwujudkan di 633 desa. Targetnya, akan ada 3.000 Desa Mandiri Energi pada 2013.

Hal ini dituturkan Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, yang juga Deputi Menko Perekonomian dalam jumpa pers Temu Nasional Desa Mandiri Energi di Hotel Hyatt Regency, Bandung, Senin (23/11/2009).

Temu Nasional Desa Mandiri Energi ini diikuti 250 peserta dari seluruh Indonesia, yang merupakan perwakilan Pemda dan sejumlah LSM. Acara ini berlangsung selama tiga hari berisi workshop, pameran teknologi juga kunjungan ke salah satu Desa Mandiri Energi di Jabar yakni Desa Harun Gombong, di Sumedang.

“Saat ini desa yang mandiri energi jumlahnya sudah mencapai 633, fokusnya di Jawa dan Bali. 244 di antaranya menggunakan tenaga air, 237 menggunakan bahan baku nabati, sementara sisanya menggunakan biogas juga tenaga angin,” tutur Bayu.

“Pada 2010, pemerintah menargetkan adanya 1.000 Desa Mandiri Energi. Kita targetkan pada 2013 ada 3.000 Desa Mandiri Energi,” tambahnya.

Dijelaskan Bayu, suatu desa dikategorikan Desa Mandiri Energi jika 60 persen kebutuhan energinya sudah bisa dipenuhi oleh sumber daya lokal. Energinya bisa diperoleh dari tenaga surya, air, biogas ataupun biodiesel berbahan jarak pagar.

Lebih lanjut Bayu menuturkan, tujuan Desa Mandiri Energi sebagai perwujudan program diversifikasi energi dan penanggulangan kemiskinan di daerah-daerah terpencil. Saat ini, kebanyakan daerah yang memiliki potensi energi lebih memilih menggunakan air dan bahan bakar nabati.

“Bahan-bahan energi alami dan kelapa sawit, jarak, kelapa, yamplung dan kemiri sunang, banyak ditemukan di Indonesia. Selain itu pengolahannya menjadi sumber energi jauh lebih murah dan mudah ketimbang sumber-sumber lain seperti sinar matahari, angin atau pun ombak,” jelasnya.

(lom/lom)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s