**Bencana Telan Korban, Pemerintah Diminta Evaluasi


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Surono mengimbau pemerintah provinsi melaksanakan evaluasi terkait rentetan bencana di Jawa Barat yang menelan korban jiwa. Salah satunya adalah pemukiman warga yang berada di kaki gunung.

“Evaluasi kembali pemukiman di bawah kaki lereng tinggi hingga terjal,” kata Surono usai mengikuti Sarasehan Kepedulian Bersama Terhadap Bencana dan Konservasi Lingkungan di Jawa Barat, di Gedung Sate, Jumat (12/3/2010).

“Harus ada evaluasi setelah sekian lama lama menelan banyak korban,” imbuhnya.

Pemerintah Provinis, lanjutnya, tidak harus menunggu korban jiwa untuk melakukan relokasi pemukiman yang berada di daerah rawan gerakan tanah. “Kalau perlu ditata kembali, ya ditata kembali. Apa harus menunggu (korban-red),” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait dengan longsor yang terjadi di Cianjur Selatan ia memperkirakan kemungkinan besar longsor terjadi karena retakan tanah yang terjadi akibat gempa besar yang mengguncang Jabar.

“Ada kemungkinan itu. Dengan hujan lebat seperti sekarang, kemungkinan itu tetap ada,” jelas Surono.

Menurutnya, kondisi tanah di Cianjur sebanding dengan Garut. Sangat sulit, katanya, menemukan daerah aman dari pergerakan tanah di kedua wilayah tersebut.

“Cianjur sering terjadi bencana bukan suatu kebetulan karena alamnya seperti itu. Kalaupun dihutankan dan terjadi longsor paling kayu yang kena bukan manusia. Tidak bisa diubah,” katanya.

Mayoritas tanah yang berada di Cianjur adalah vulkanik muda. Tanah tersebut terbilang subur dan mudah untuk diolah karena banyaknya sumber air yang terkandung di dalam tanah. “Digali terus air akan sangat mudah masuk ke dalam tanah,” paparnya.

(ahy/tya)

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s