**Dewan Siapkan Mosi Tidak Percaya ke Bupati Garut


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Garut berencana melayangkan mosi tidak pecaya terhadap Bupati Garut Aceng HM Fikri. Sikap tersebut dipicu oleh belum dilaksanakannya reformasi birokrasi di lingkungan pemerintahan Kabupatan Garut.

Padahal yang bersangkutan telah menjabat selama 1,5 tahun. “Dia telah ingkar janji pada 100 hari pascadilantik menjadi bupati akan melaksanakan agenda reformasi birokrasi,” ujar Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Garut, Nono Kusyana, di ruang kerjanya, Rabu (31/3).

Menurut dia, pihaknya kerap menerima desakan reformasi birokrasi dari elemen masyarakat. Apalagi saat ini sedikitnya tercatat 300 jabatan di lingkungan Pemkab Garut masih kosong. Kekosongan tersebut terjadi pada jabatan eselon II, III, dan IV, yang tersebar di sejumlah organisasi perangkat daerah.

Kekosongan jabatan itu sangat berdampak terhadap menurunnya mutu pelayanan terhadap masyarakat. Dia mencontohkan, akibat kekosongan kepala rumah sakit dr. Slamet Garut, ratusan pasien terlantar.

Para pasien kerap kesulitan untuk mendapatkan obat-obatan. Hal ini diakibatkan bukan tidak adanya anggaran untuk membeli obat-obatan namun akibat tidak adanya kepala atau direktur rumah sakit definitif yang memiliki kewenangan mencairkan anggaran. “Kami memberi batas waktu sampai 5 April mendatang. Bila tidak kami akan mengeluarkan mosi ketidakpercayaan terhadap bupati,” ujar Nono.

Bupati Garut Aceng HM Fikri berjanji akan melakukan pembenahan birokrasi pada awal April nanti. Bahkan, ia telah mengajukan beberapa nama pejabat yang akan mengisi jabatan eselon II untuk mendapat persetujuan dari Gubernur Jawa Barat, sekitar satu bulan lalu.

Menurut dia, jika sampai batas waktu 30 hari gubernur masih juga belum memberikan tanggapan, maka sesuai ketentuan, pelaksanaan reformasi birokrasi sudah bisa dilaksanakan. Namun tentunya sebelum langkah tersebut dilakukan, terlebih dahulu pihaknya akan kembali mempertanyakan ke gubernur.

“Saya memahami sikap Dewan, Saya juga sangat sepakat bahwa reformasi birokrasi ini harus segera dilakukan,” ujar Aceng.

Sigit Zulmunir

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s