**Aset Garut


Pemkab Garut Pindahtangankan Aset


GARUT, ( SPN) —Tanah yang terletak di Blok Margawati Kelurahan Margawati, dan Blok Sukanegla, Kelurahan Sukanegla Kecamatan Garut Kota rencanannya akan dipindahtangankan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu Pemkab garut pun akan menghibahkan tanah yang terletak di Perum Bumi Cempaka Indah Blok 5 Kelurahan Lebakjaya Kecamatan Karangpawitan kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Da’arut Taubah.

Rencana Pemkab Garut itu disampaikan langsung Bupati Garut, Aceng H.M. Fikri, S.Ag, Senin (12/4), dalam Nota Pengantarnya di acara Rapat Paripurna DPRD Garut Masa Sidang I tahun 2010. Dipimpin Wakil Ketua DPRD Garut, H. Lucky Lukmansyah Trenggana, dihadiri Wakil Bupati Garut, R. Dky Candra, serta 44 anggota DPRD, Sekretaris Daerah H. Hilman Faridz, SE, M.Si, serta pejabat lainnya.

Secara yuridis, sebut bupati, yang dimaksud dengan pemindahtanganan barang adalah pengalihan kepemilikan barang milik daerah sebagai tindak lanjut penghapusan dengan cara dijual, dipertukarkan, dihibahkan, atau disertakan sebagai modal pemerintah daerah.

Eksisting pemanfaatan tanah milik Pemerintah Kabupaten Garut yang terletak di Blok Margawati dan Blok Sukanegla seluas 265.704 m2, secara hukum dimanfaatkan melalui perjanjian pinjam pakai, antara Pemerintah Kabupaten Garut, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk kepentingan pengembangan ternak domba, yang secara operasional dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, melalui UPTD BPPT Domba Margawati Garut sejak tahun 1982. “Berdasarkan data yang kami miliki, UPTD BPPTD Margawati saat ini telah memiliki populasi ternak domba ras garut sebanyak 870 ekor”, sebutnya. Apabila diiringi dengan peningkatan fasilitas pendukung, seperti : bangunan kandang beserta kelengkapannya, padang rumput, dan lahan konservasi, maka diasumsikan pengembangan ternak domba ras Garut pada UPTD BPPTD Margawati, masih dapat ditingkatkan hingga dua kali lipat.

UPTD BPPTD Margawati selama ini diorientasikan lebih pada kepentingan pelayanan umum, dibandingkan dengan kepentingan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut, kata bupati, mengingat alokasi biaya operasional untuk program pengembangan ternak domba, yang dianggarkan melalui apbd provinsi jawa barat adalah sebesar Rp 1,179 miliar. Sementara disisi lain, target pad yang dibebankan atas IPTD tersebut hanya sebesar 90 juta rupiah.

Atas keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut, Pemerintah Kabupaten Garut menyambutnya secara positif. Terlebih, kata bupati, apabila hal tersebut dikaitkan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Garut untuk merealisasikan kewajiban pemerintah daerah dalam rangka menjamin kegiatan pembenihan dan pembibitan ternak ruminansia, yaitu : sapi, kerbau, domba dan kambing, sebagaimana diamanahkan undang-undang nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kegiatan pembenihan dan pembibitan ternak ruminansia, selayaknya mendapatkan perhatian dan prioritas dalam rangka mempertahankan serta meningkatkan populasi jenis ternak, ditengah meningkatnya kebutuhan daging, yang tidak sebanding dengan peningkatan populasi ternak ruminansia.

Dalam melaksanakan penilaian ulang tanah Blok Margawati dan Blok Sukanegla, pihaknya membentuk tim yang terdiri dari unsur SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut. Berdasarkan parameter, maka Tim Penilai Pemerintah Kabupaten Garut berdasarkan survey dan kajian yang dilakukan, menetapkan nilai jual tanah blok margawati dan blok sukanegla adalah sebesar 2,657 miliar rupiah.

Terkait nilai beli tanah Blok Margawati dan Blok Sukanegla, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga melakukan penilaian atas objek barang dimaksud dengan melibatkan konsultan penilai yang memiliki sertifikasi penilaian aset dengan sebesar 2,646 miliar rupiah.

Sumber
http://www.sinarpaginews.com/?id=selengkapnya&&idcontent=20100413190049&&page=Berita%20Terkini

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s