**Sawah Di Garut Rusak


BANJIR MERUSAK 50 HEKTARE SAWAH DI GARUT

Garut, 12/4 (Antara/FINROLL News) – Banjir di kecamatan Tarogong kabupatan Garut, merusakkan sekitar 50 hektare sawah, 35 rumah serta 4.000 meter jalan beraspal, kata camat Tarogong Kaler Nandang Sulaksana.

Terdapat pula kerusakan kebun sayur mayur milik penduduk, masing-masing di desa Mekarjaya, Sukawangi, Panjiwangi serta desa Rancabango, dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp10 miliar, katanya, Senin.

Menyusul banjir telah melanda empat desa, akibat air bah dari kaki gunung Putri, sejak Minggu sore (11/4) hingga Senin ini luapannya masih berlangsung, kendati intensitasnya turun.

Namun jika kembali diguyur hujan deras dalam waktu lama, dipastikan bisa terjadi lagi banjir bandang karena ratusan meter cekdam (penahan lahar dingin) setinggi lima meter dan lebar 0,5 meter, seluruhnya telah rata tertimbun pasir.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan kabupaten setempat Ir H. Tatang Hidayat, MP menyatakan, setiap hektare sawah yang mengalami puso tingkat kerusakannya berkisar 80-100 persen, sedangkan di wilayah tersebut produktivitas rata-rata setiap hektarnya 6 ton gabah kering giling (GKG).

Kepala Desa Mekarjaya Asep Setiawan mengatakan, petani di wilayahnya termasuk H. Yeyep(45) kehilangan sawah seluas 120 tumbak atau 1,6 hektare lebih, padahal 14 hari kemudian akan dipanen, kondisi serupa juga dialami belasan petani lainnya.

Wakil Ketua DPRD Garut, Dedi Hasan Bahtiar minta Pemkab setempat, segera melaksanakan kajian teknis secara menyeluruh, dengan melibatkan seluruh institusi teknis terkait mulai dari sumber penyebab banjir.

Karena peristiwa tersebut, berlangsung setiap tahun dan tahun ini merupakan yang terbesar, ungkapan senada juga mengemuka dari para anggota DPRD termasuk dr H. Helmi Budiman.

Sumber
http://news.id.finroll.com/nasional/cuaca/250550-banjir-merusak-50-hektare-sawah-di-garut.html

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s