**Tomat Garut


HARGA TOMAT DI GARUT MASIH MELAMBUNG TINGGI


Garut, 11/4 (Antara/FINROLL News) – Harga tomat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak tiga pekan terakhir ini masih melambung tinggi, antara Rp8.000,00 per kilogram dan Rp11.250,00/kg, bahkan harga ecerannya Rp1.000,00/buah.

“Masih tingginya harga komoditas itu disebabkan, antara lain belum tuntasnya musim hujan hingga menjelang pertengahan April ini,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Garut, H.R. Ruchiat,M.Si. ketika dihubungi ANTARA, Minggu.

Namun, lanjut dia, bisa menguntungkan para petani produsen meski banyak di antara mereka yang hanya berstatus sebagai buruh. Hal ini dikarenakan petani murni yang menanam tomat pada musim hujan ini jumlahnya relatif sedikit.

Kenaikan harga sayur-mayur juga terjadi pada kol, yakni dari Rp3.500,00/kg menjadi Rp5.000,00/kg, bahkan di toserba harganya menjadi Rp8.500,00/kg.

Begitu pula, kacang kedelai dijual Rp12.500,00/kg, bawang merah Rp12.500,00/kg, dan kelapa parut menjadi Rp7.000,00/kg dari Rp6.000,00/kg.

Sementara itu, mata dagangan minyak akar wangi, minyak daun cengkih, dan minyak daun nilam masih mengalami stagnasi masing-masing bertengger pada harga Rp850 ribu/kg, Rp52 ribu/kg, dan Rp300 ribu/kg.

Selama ini, ketiga jenis mata dagangan itu merupakan komoditas ekspor kendati masih dilakukan melalui pedagang pengumpul dengan standar kualitas yang langsung ditentukan oleh pengekspor.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Garut, H. Budiman, M.Si. berharap tersedianya perangkat ukur penentu kualitas berdasarkan “grade” importir.

“Hal itu untuk menghindari kemungkinan terkecohnya pihak produsen,” katanya. ****

Sumber
http://news.id.finroll.com/bisnis/agriculture/250102-harga-tomat-di-garut-masih-melambung-tinggi.html

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s