**Tradisi Domba Beradu


Adu Domba : Tradisi Dekatkan Warga Gemar Beternak

Subang – Laga ketangkasan domba, masih menjadi tradisi menarik dan banyak diminati warga. Seperti laga ketangkasan domba, yang dikemas dalam sebuah festival yang digelar di Lapangan Bintang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Selain aksi domba dan para pemiliknya yang ikut menari bersama iringan musik, antusiasme warga untuk menyaksikan juga cukup tinggi, hingga laga ketangkasan ini bisa menjadi hiburan alternatif.

Iringan musik tradisional, terus mengalun dan mengiringi sepanjang atraksi laga adu ketangkasan domba ini. Domba-domba dari Garut yang terkenal dalam seni adu ketangkasan, ternyata masih mampu menyedot animo warga sekitar untuk datang dan menyaksikan.

Festival seni adu ketangkasan domba ini, digelar di Lapangan Bintang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Seni adu ketangkasan domba yang digelar kali ini diikuti ratusan peserta se-Jawa Barat. Mereka datang dari wilayah Purwakarta, Subang, Bandung, hingga Sumedang dan Majalengka. Sebagai sebuah festival, juga dilakukan penjurian untuk menentukan pemenang, dengan kriteria yang telah ditentukan.

Menurut panitia penyelenggara, selain untuk melestarikan seni tradisional, festival laga adu ketangkasan domba ini, juga digelar untuk menarik minat warga, agar gemar mengembangbiakan domba dan kambing, sehingga mampu menopang perekonomian mereka.

Setidaknya ada beberapa syarat yang harus ditempuh para pemilik, agar dombanya masuk dalam kriteria layak tarung. Seperti harus memiliki tanduk, berbadan besar, dan tentu hanya domba sehat yang diperbolehkan mengikuti adu ketangkasan.(Zaenal Arifin/Ijs)

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s