**KUJANG Khas Sunda?


Kujang – Pisau Khas Sunda?

Jenis pisau Kujang, yang merupakan produk karya cipta asli kearifan lokal khas Sunda atau masyarakat Jawa Barat, hingga kini masih terus diteliti dengan kajian ilmiah, terutama mengenai asal lokasi diciptakannya.”Meski kujang berasal dari Jawa Barat, namun masih belum diketahui awalnya dari kabupaten mana, karena itu belum bisa dipastikan dari Bogor, Bandung, Banten, Garut, Tasikmalaya maupun dari kabupaten lainnya,” ungkap pakar sejarah Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung Dr Undang Ahmad Darsa, Kamis (16/7).

Jenis pisau tersebut, terbagi beberapa klasifikasi pemanfaatannya terdiri untuk dipakai kerja, sebagai benda pusaka, sebagai senjata serta untuk hiasan dinding, katanya ketika ditemui wartawan seusai memperoleh ‘Golden Honorary Police’ di Mapolwil Priangan Garut.

“Menurut dia, penggunaan pisau Kujang untuk senjata sejak dahulu hanya bersifat bertahan, yakni digunakan jika dalam kondisi sangat terpaksa jika mendapatkan serangan yang tidak bisa dihindari lagi, sehingga senjata ini sama sekali tidak digunakan untuk menyerang lawan,” katanya.

Dosen mahasiswa S2 dan peneliti tamu di negara Eropa itu juga mengemukakan, dalam perkembangannya kini bisa diketemukan jenis pisau Kujang dengan beragam bentuk, mulai dari yang sangat sederhana hingga bentuk-bentuk modifikasi dan modern.
Sedangkan adanya pembangunan monumen pusaka terbesar di dunia, berupa sebuah senjata Kujang di Kampung Naga, yang digagas Kapolwil Priangan Kombes Anthon Charliyan serta KRT H. Derajat Hadiningrat, dinilai memiliki banyak manfaat.
“Antara lain untuk mengingatkan generasi muda Jawa Barat, agar bisa menggunakannya secara bermanfaat, karena selama ini hanya dikenang dan disimpan atau barangkali hanya dijadikan hiasan,” tandasnya.

http://www.kapanlagi.com/h/pisau-kuj…-diteliti.html

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s