**SDA Panas Bumi


Tiga Potensi Sumber Panas Bumi Belum Optimal

SAMARANG – Pendapatan sektor sumber daya alam (SDA) dari hasil panas bumi di Kabupaten Garut pada tahun 2010 mengalami peningkatan. Pada tahun sebelumnya hanya 10 persen atau Rp 56 miliar, saat ini 13 persen.

Peningkatan itu merupakan bagi hasil antara pemerintah dengan tiga perusahaan pengelola panas bumi di Garut seperti PT Chevron Gheotermal Indonesia (CGI), Pertamina Gheotermal (Kamojang), dan PT Indonesia Power.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kabupaten Garut Ir Widiyana CES, kemarin. Widiyana menerangkan, meskipun bagi hasil mengalami peningkatan, untuk nilainya mengalami penurunan. Hal tersebut, disebabkan ada perhitungan untuk pembangunan delapan sumur baru di wilayah PT CGI yang memerlukan dana operasional.

Lanjut dia, bagi hasil 13 persen tersebut akan diterima secara utuh jika pengoperasian dari delapan sumur tersebut sudah berjalan. Tetapi, meskipun mengalami penurunan nilai pada tahun ini, dipastikan pada tahun 2011 total nilai bagi hasil panas bumi akan meningkat.

Karena, kata dia, saat ini Kabupaten Garut tidak hanya memiliki sumber panas bumi yang sudah dikelola saja, namun masih ada tiga potensi panas bumi yang harus dipercepat pembangunannya. Di antaranya sumber panas bumi di Arinem dengan kapasitas 75 mega watt, Cilayu di Kecamatan Cisompet 120 mega watt dan Guntur Masigit di Kecamatan Samarang dengan kapasitas 70 mega watt.

Sehingga, akibat ketiadaan dana yang dimiliki pemkab untuk biaya survei pendahuluan yang mencapai Rp 12 miliar, dia mengatakan pelaksanaannya diundur menjadi tahun 2012 mendatang. “Untuk itu, kami berharap, dengan memanfaatkan momen penting yang bersifat promosi, ketiga potensi panas bumi tersebut dapat menarik para investor dari luar,” pungkasnya. (one)

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s