**Hembusan Angin Jadi Listrik


Angin Bisa jadi Sumber Energi

Di daerah yang memiliki potensi angin yang cukup besar, angin ternyata bisa menjadi pilihan sebagai sumber energi dan masyarakat hendaknya menyadari besarnya potensi angin ini sebagai penambah pemenuhan kebutuhan listrik di daerah.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Budi Hastowo, mengatakan sudah dapat dipastikan di daerah yang berpotensi dapat diperoleh tenaga listrik sebesar 100-200 kilowatt dari tenaga angin. “Dari segi teknologinya beberapa lembaga sudah melakukan pengembangan, pembuatan turbin kincir angin yang dapat menghasilkan sampai sekitar 100-200 kilowatt dan direncanakan akan sampai 500 kilowatt kira-kira. Untuk lebih besar lagi, sulit karena kecepatan angin di Indonesia tidak terlalu besar,” ujarnya di Jakarta, Selasa (4/

Budi juga menyebutkan bahwa secara khusus Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sedang mengerjakan proyek pembangkit listrik tenaga angin. “Namun belum terlalu terpublikasi,” katanya.

Menurut Budi, memang tidak terlalu besar daya yang dihasilkan dari tenaga angin karena besar-kecilnya daya yang dihasilkan tergantung dari besar-kecilnya potensi angin di daerah tersebut. Oleh karena itu, tambah Budi, sumber listrik tenaga angin tidak dapat berdiri sendiri dan harus dilengkapi dengan sumber tenaga listrik yang lebih mapan sebagai sumber yang utama.

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s