**Ratusan Pulau di Sulawesi Utara Dapat PLTS


Sulut Gunakan 3800 PLTS

3800 PLTS Untuk Sulut

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendapatkan alokasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebanyak 3.800 unit dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk tahun anggaran 2009.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Sulut, Herry Untu, Minggu (21/12), di Manado, mengatakan rencana penyaluran PLTS tersebut lebih diarahkan kepada daerah-daerah kepulauan. Ratusan pulau yang berada di Sulut, terutama di Kabupaten Sangihe, Talaud dan Sitaro masih sangat minim pasokan listrik, sehingga harus dibantu dengan kehadiran PLTS yang mengandalkan tenaga matahari itu.

Sementara pasokan listrik dari PT PLN masih sangat sulit, akibat kondisi geografis yang kurang mendukung disamping Sulut sendiri untuk sementara mengalami krisis energi listrik. “Lobi-lobi yang dilakukan pemerintah daerah ke Kementerian ESDM cukup berhasil dan akan membantu kegiatan perekonomian masyarakat di kepulauan,” katanya.

Hanya saja kendala yang dialami masyarakat daerah kepulauan masih kurang mampu memahami pemanfaatan atau operasionalnya sehingga harus diberikan sosialisasi secara baik. “Pemerintah pusat hanya membantu pengadaan PLTS di setiap daerah, sementara pemeliharaan diserahkan ke kabupaten,” katanya.
MANADO, MINGGU –
bnj

Sumber : Antara

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s