**Permen Karet Berusia 5000 Tahun


Permen Karet Berusia LIMA RIBU Tahun!!!

Meludahkan permen karet yang sudah dikunyah kayaknya sekarang menjadi kebiasaan yang sangat buruk, dan sudah mulai menjadi sumber denda buat kita. Ternyata kebiasaan itu ditengarai sudah ada sejak 5 RIBU tahun yang lalu, salah satu buktinya adalah adanya gumpalan setengah remuk yang sudah berumur 5000 tahun.

Barang yang dianggap merupakan permen karet versi Pra Sejarah tersebut ditemukan di tanah oleh mahasiswa arkeologi yang melakukan penggalian di Finlandia. Gumpalan dari getah pohon birch dan berasal dari Zaman Neolitikum (Batu Muda) ini ditemukan lengkap dengan bekas gigi.

Sarah Pickin, 23, adalah satu diantara lima mahasiswa asal Inggris yang merupakan relawan di Kierikki Stone Age Centre, Finlandia, adalah penemu dari batu kuno tersebut.

“Senang sekali rasanya ketemu ‘permen karet’ itu dan makin tertarik untuk belajar lebih jauh mengenai sejarah,” katanya.

Orang2 zaman Neolitikum dianggap sudah mengunyah getah kayu birch untuk menyembuhkan infeksi mulut dan bahkan juga untuk menyambung pecahan gerabah. Getah kayu itu mengandung fenol yang memiliki kemampuan antiseptik, demikian kata Prof. Trevor Brown, yang juga adalah dosen Sarah di University of Derby.

Gumpalan karet dari zaman batu tersebut sekarang dipajang di Finlandia
__________________

2 responses to “**Permen Karet Berusia 5000 Tahun

  1. Wah kayu birch itu sekarang masih ada gak yah ?
    kalo ada itu bisa dibudidayakan menjadi bahan baku obat..

  2. Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Pompa Turbin pertama di Kabupaten Sikka”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan mohon diberi komentar.

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s