**Lima W dan Satu H


Lima W dan satu H

Pada hari ulang tahun saya yang ke … , saya menerima sebuah kue dari QC Manager dan saya diminta untuk memotong kue itu sama besar menjadi 8 potongan untuk dibagikan kepada 7 anggota QC plus satu potong untuk saya. Satu kue ulang tahun harus dipotong menjadi 8 bagian sama besar, tetapi saya hanya boleh memotong sebanyak 3 kali saja.

Apakah Amin tahu jawabannya? Bagaimana cara memotongnya agar hanya dengan 3 kali memotong bisa mendapatkan 8 potongan kue sama besar?

Sebagian besar orang mengatakan bahwa diperlukan pola pikir imaginer [3 dimensi] untuk memecahkan masalah ini, jangan hanya berpikir linier [2 dimensi].

Tetapi sebagian orang lain mengatakan bahwa diperlukan 5W+1H untuk bisa memecahkan masalah ini.

Apa 5W+1H tersebut? 5W = Who, What, When, Where, Why 1H = How

Coba kita ingat kembali cerita tentang perbedaan antara pengawal dan hulubalang minggu lalu, pengawal hanya menjawab pertanyaan Sang Raja, satu per satu, sedangkan Hulubalang menjawab secara lengkap 5W+1H, dia bisa menjawab semua 5W yang mungkin akan ditanyakan atau akan muncul di benak Sang Raja, plus memberikan penjelasan HOW serta sekaligus juga memberikan usulan solusi, insiatif dan keberanian mengambil sikap.

Apakah 5W+1H dapat membuka peluang untuk pemecahan masalah? Bisa, kalau kita terbiasa memberikan instruksi secara lengkap 5W+1H maka semua sub-koordinasi kita akan bisa menyelesaikan problem mereka dengan baik, walaupun mungkin mereka ‘kurang’ kreatif atau kurang imajinatif.

Jadi 5W+1H bukan hanya diterapkan dari bawah ke atas, yaitu laporan harus lengkap tetapi juga harus diterapkan dari atas ke bawah, semua perintah/aturan/instruksi harus juga memenuhi kaidah 5W+1H.

Kita lihat masalah kue ulang tahun saya di atas, kalau saja Amin saya berikan informasi tambahan bahwa alat pemotongnya adalah sebuah samurai yang sangat tajam, dan kue tsb berupa kue lapis legit yang bagian atas dan bawahnya sama persis, maka saya yakin kini Amin akan menemukan jawabannya dengan mudah.

HOW? Potong saja kue tsb dengan cara memotong panjang kue jadi 2, memotong lebar kue jadi dua, memotong tebal/tinggi kue jadi 2, maka hasilnya akan ada 8 potongan sama besar.

Eh, karena nasib baik, setelah dari gedung QC saya didaulat untuk menuju gedung R&D, dan disana saya kembali diberikan sebuah kue ulang tahun, dan saya kembali diminta memotong kue menjadi 8 bagian sama besar, juga dengan cara hanya 3 kali memotong.

Kue R&D tersebut bagian atasnya ada 8 buah coin coklat yang berjajar rapih, katanya melambangkan agar saya mendapatkan rejeki sepanjang tahun. Bagian R&D meminta agar saya memotong kue tsb menjadi 8 bagian sama besar dan semuanya harus ada coin coklatnya.

Wah, bagaimana caranya?

Apakah Amin tahu caranya?

Saya tahu !! karena saya melihat bahwa coin tsb berjajar rapih, kue tersebut berbentuk persegi panjang, 5W saya lebih lengkap karena saya melihat sendiri sedangkan Amin hanya membayangkan saja bukan? Itulah sebabnya saya bisa memiliki 1H lebih banyak daripada Amin.

Maka saya potong kue tsb menjadi 2 bagian sama besar kiri dan kanan, sehingga kini di kiri saya ada kue dengan 4 coin coklat dan di kanan saya ada kue dengan 4 coin coklat juga.

Lalu saya ambil yang di kanan, saya taruh di atas yang kiri, lalu saya potong lagi dengan satu bacokan, sehingga kini jadi 4 potong sama besar, masing masing ada 2 coin coklat.

Lalu saya susun 4 potong kue tsb dari atas ke bawah dan saya bacok dengan samurai tajam tadi, sehingga hasilnya dengan 3 kali memotong saya mendapatkan 8 potong kue yang semuanya ada coin coklatnya.

Nah, itulah cerita saya minggu ini, bahwa kreatifitas sebenarnya akan muncul kalau kita bisa selalu menyajikan segala informasi dengan lengkap.

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

