**Kisah Perjalanan Ku


Suatu hari aku kemalaman dalam perjalanan. Dekat pasar, aku mampir ke sebuah warung makan mencari pengganjal perut dan teh manis hangat penyegar badan.

Warungnya sederhana. Penjualnya menyetel lagu-lagu India. Selesai menyediakan teh ia ngobrol dengan temannya mengenai kesulitan hidup, dibuka dengan kalimat, ‘Hidup di dunia memang susah….’

Ya Allah, tiba-tiba aku tertunduk. Kedua orang di hadapanku ini saling bercerita mengenai kehidupan mereka yang berat. Begitu berat… aku kemudian merenung: apa yang akan mereka terima di akhirat nanti sebagai imbalan beratnya perjuangan mereka di dunia?

Dengan hobby ndengerin dangdut dan lagu India, tanpa peduli akan syariah hijab, adab bicara, tanpa pengetahuan agama yang cukup… bagaimana nanti ketika ia menghadap Allah; padahal di dunia ini pun ia sudah begitu berat mempertahankan hidup? Aku semakin menunduk ketika sebuah istilah terbersit:

JAHILIYAH

Ya, betapa jahiliyahnya pola hidup mereka. Tetapi apakah hidupku lebih baik? Apakah telingaku bersih dari musik jahiliyah dan hanya mendengar lantunan ayat-ayat Allah [baik qauliyah maupun kauniyah]? Bukankah dangdut tidak berbeda dengan slow rock dalam kejahiliyahan syairnya? Bukankah India tidak lebih kotor dari Britney Spencer, Beatles, Jamrud dan sebangsanya? Mengapa aku berfikir mengenai jahiliyah ketika masuk sebuah warung kecil; tetapi sangat familiar dengan musik di restoran, kafe, hotel dan mp3 komputer?

Ya Allaah, betapa tertipunya aku….

Keluar dari warung aku mendapat sebuah pencerahan:

bergaullah dengan masyarakat [terutama kalangan bawah yang lugu dan banyak variasi problem] bawa mereka menuju benderang cahaya Islam istiqamahlah dengan agamamu dan bersabarlah terhadap gangguan mereka ….

Wallahu a’lam.

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s