**Gencar Layanan Listrik Prabayar


Listrik
Prabayar Saja! Jauh Lebih Murah

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Perusahaan Listrik Negara kian gencar memperluas pemasaran layanan listrik prabayar. Hal ini diharapkan dapat mengendalikan pemakaian listrik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

”Tahun 2010, kami menargetkan penambahan pengguna listrik prabayar di wilayah Jawa-Bali hingga mencapai 150.000 pelanggan,” kata Kepala Divisi Niaga PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Benny Marbun di Jakarta, Minggu (14/3/2010).

Untuk wilayah luar Jawa, pelayanan listrik prabayar baru pada tahap pengenalan. Saat ini PLN melayani permintaan pemasangan baru listrik prabayar hingga batas daya 5.500 volt ampere (VA).

PLN menentukan tarif khusus listrik prabayar lebih murah 3-5 persen daripada listrik pascabayar. Secara konsep, listrik prabayar lebih murah karena banyak proses pelayanan dipotong sehingga biaya bisa dihemat.

Misalnya, tidak ada petugas baca meter dan tidak ada proses pencetakan rekening. Listrik prabayar merupakan layanan terbaru PLN untuk konsumen. ”Dengan cara ini, pelanggan terpacu menggunakan listrik secara efisien dan berhemat. Pelanggan juga tidak dikenakan biaya beban,” kata pengamat kelistrikan, Fabby Tumiwa.

Namun, sayangnya, PLN jadi kehilangan pemasukan dari biaya beban yang merupakan pendapatan PLN dari investasi jaringan. Saat ini voucher listrik prabayar masih tersedia secara terbatas di bank dan kantor pos.

Khusus hari libur, pelanggan tidak mudah mendapat voucher isi ulang. ”Sistem ini perlu diuji coba lebih lama untuk dilihat efektivitasnya,” ujar Fabby.

PT PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang meluncurkan layanan listrik prabayar, Sabtu lalu di Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Peluncuran dilakukan Direktur Utama PLN Dahlan Iskan dan dihadiri para direksi dan General Manager PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang Purnomo Willy. Sistem prabayar pertama kali dinikmati warga Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu pada tahun 2007.

Sejak diberlakukan pada April 2009, tidak kurang dari 26.951 pelanggan dilayani dengan sistem prabayar di wilayah Jakarta dan Tangerang. Untuk bulan promosi sampai akhir Maret 2010, PLN membebaskan biaya migrasi. Pelanggan cukup membeli isi ulang perdana Rp 20.000. (EVY)

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s