**PLN Mendorong Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi


Potensi Panas Bumi 27 Ribu Megawatt Jakarta: PT PLN (Persero) terus mengembangkan energi panas bumi (geothermal) sebagai energi alternatif.

PLN mendorong pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di beberapa lokasi potensial di Indonesia melalui program Percepatan Pembangkit Tahap 2.

“Proyek Percepatan Tahap 2 nantinya akan menyuplai listrik sebesar 10 ribu megawatt,” kata Sekretaris Perusahaan PLN Ida Bagus G. Mardawa P. kepada Tempo kemarin.

Menurut Mardawa, dari total 10 ribu megawatt, 40 persennya (3.977 megawatt) berasal dari PLTP.
Data PLN menyebutkan, potensi panas bumi di Indonesia sebesar 27 ribu megawatt, 70 persennya terletak di kawasan konservasi. Namun kapasitas panas bumi yang telah dimanfaatkan hingga sejauh ini baru mencapai 1.180 megawatt. “Padahal potensi panas bumi dapat menambah 6 persen dari total suplai energi nasional,” ujarnya.

Sebagai upaya pengembangan energi panas bumi, menurut Mardawa, PLN masih mengerjakan beberapa proyek PLTP di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Ulubelu, Kamojang, Dieng, Lahendong, Karaha, Ulumbu, Lumut Balai, dan Patuha.

Dalam mewujudkan pembangunan proyek-proyek tersebut, PLN bekerja sama dengan pengembang listrik swasta (independent power producer).

“Proyek pembangunan pembangkit listrik panas bumi yang akan segera rampung dalam waktu yang tidak terlalu jauh antara lain di Lahendong, Ulubelu, dan Ulumbu,” kata Mardawa.

Adapun investasi yang dibutuhkan dalam percepatan Pembangkit Tahap 2 diperkirakan mencapai US$ 16.435 juta untuk pembangunan pembangkit dengan kapasitas total 10 ribu megawatt. “Pembangkit listrik tenaga panas bumi menyita sebagian besar di antaranya, yakni 55 persen atau sebesar US$ 9.030 juta,” kata Mardawa. (MAHARDIKA SATRIA HADI)

Sumber : Koran Tempo

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s