**Pemkot Pangkal Pinang, Bangka Belitung Kembangkan Energi Angin Dan Surya


Energi Listrik Tenaga Angin dan Surya Dikembangkan

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkal Pinang, Bangka Belitung (Babel), akan mengembangkan energi listrik tenaga angin dan surya sebagai upaya menjawab krisis listrik di kota itu.

“Kami sudah melakukan perencanaan dengan seorang ilmuwan dari Jepang untuk menggali potensi energi listrik tenaga angin dan surya di Pangkal Pinang,” kata Wali Kota Pangkal Pinang Zulkarnain Karim di Pangkal Pinang, Senin (4/1/2010).

Zulkarnain Karim optimistis energi alternatif berupa tenaga angin dan surya cocok dikembangkan di Kota Pangkal Pinang, tetapi memerlukan kerja sama dengan pihak swasta yang benar-benar ahli di bidang tersebut.

“Energi listrik tenaga angin dan surya itu nantinya diperuntukkan penerangan lampu jalan yang sekarang banyak mati akibat krisis listrik di kota ini,” ujarnya.

Sekarang ini Pemkot Pangkal Pinang sedang menyusun perencanaan pelaksanaan uji coba pembangkit listrik tenaga angin dan surya.

“Kami mengharapkan dapat menjadi energi listrik alternatif dalam mengatasi krisis listrik PLN di Pangkal Pinang,” katanya.

Krisis listrik yang terjadi di daerah itu tetap menjadi perhatian serius pemerintah dan mencarikan solusi dalam mengatasinya.

“Di antara solusi itu tidak hanya mengadakan seminar tentang energi listrik alternatif dengan mendatangkan beberapa ahli dalam maupun luar negeri, juga memperluas hubungan kerja sama dengan beberapa negara maju,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, krisis listrik dapat menghambat kemajuan daerah di berbagai sektor, terutama dunia investasi di kota itu.

“Investor tentu akan berpikir panjang untuk menanamkan modal di Pangkal Pinang jika arus listrik terbatas, apalagi kami bertekad menjadikan kota ini sebagai kota industri dan perdagangan,” ujarnya.
BNJ/KOMPAS.COM

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s