**Perusahaan Kalla Grup Jajaki Pembangunan Listrik Tenaga Angin Di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan


Kalla Group Jajaki Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Jeneponto
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM – Perusahaan Kalla Grup yang dipimpin mantan Wakil Presiden H M Jusuf Kalla (JK) menjajaki pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.
“Rencana perusahaan itu membangun energi listrik yang bersumber dari angin akan diawali studi kelayakan, karena itu kami akan melakukan survei dan mendata tenaga angin yang ada di sana,” kata Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Ir Sukri Himran di Makassar, Kamis (11/03/2010).

Menurut dia, Kabupaten Jeneponto di bagian selatan Kota Makassar, sebagian wilayahnya berupa padang tandus dan berada di wilayah pesisir. Kondisi tersebut merupakan potensi menimbulkan tenaga angin yang cukup besar.

Selain memanfaatkan tenaga ahli dari akademisi, lanjutnya, rencana pembangunan PLTA itu juga harus ditunjang dengan pantauan kondisi angin dalam setahun terakhir dan potensi angin pada waktu yang akan datang melalui bantuan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) IV Makassar.

“Hal itu penting dilakukan untuk mengetahui agar kinerja PLTA tersebut ke depan lancar, dan bisa diprediksi potensi daya listrik yang dihasilkan,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) Ahmad Siang sebelumnya mengatakan, wilayah Sulselbar selama ini masih defisit daya listrik sebesar 89 Mega Watt (MW).

“Karena itu, dengan adanya pembangkit tenaga listrik baru sangat diharapkan untuk membantu defisit daya listrik itu,” katanya.

Akibat defisit daya listrik, dalam beberapa bulan terakhir di Kota Makassar dan sekitarnya masih terjadi pemadaman bergilir. Apalagi bantuan daya listrik yang diharapkan dari PLTG Sengkang masih terkendala, karena sedang dalam tahap perbaikan mesin.

Ahmad mengatakan, setelah suplai tenaga listrik dari PT Energy Sengkang normal kembali, pihaknya menjamin tidak ada pemadaman listrik lagi mulai akhir April 2010.(*)

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s