**PLTMH Di Simonggo I, Kabupaten Humbang Ha-sundutan, Sumut Maringan Tinam-bungan


Pembangkit mikrohidro keluhkan daya serap PLN Medan: Investor pembangkit listrik mikrohidro (PLTMH) di Sumatra Utara mengeluhkan tidak adanya jaminan dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menyerap energi listrik yang dihasilkan swasta.

Humas PT Mega Power Mandiri yang membangun PLTMH di Simonggo I, Kabupaten Humbang Ha-sundutan, Sumut Maringan Tinam-bungan mengatakan sampai kini PLN belum membangun gardu induk untuk menampung energi listrik yang dihasilkan PLTMH.

“PLTMH Simonggo 1 di Humbang Hasundutan berkekuatan 7,5 megawatt [MW], hanya 3 MW yang terserap oleh PLN karena gardu induk tidak ada,” ujarnya kemarin.

Akibatnya, lanjut Maringan, PT Mega Power Mandiri terpaksa mengeluarkan investasi baru untuk membangun gardu induk dan jaringan mengalirkan energi listrik yang dihasilkan PLTMH Simonggo.

Kemampuan gardu induk dan jaringan yang dibangun perusahaan baru mampu melayani kebutuhan energi listrik di Humbang Hasundutan sebesar 3 MW.

“Sisanya sekitar 4 MW lagi sampai saat ini belum bisa dijual dan membuat investor mengalami kesulitan mengembalikan modal investasi.”

Faktor inilah yang membuat investor mengulur waktu untuk membangun PLTMH di daerah ini.

“Kami sudah berkali-kali bertemu dengan PLN. Namun, mereka tidak dapat menjamin apakah PLN mampu membangun jaringan dan gardu induk untuk menyalurkan energi yang dihasilkan investor PLTMH.”

Sebelumnya, Dirut PT PLN Dahlan Iskan baru-baru ini mengakui akan membangun sembilan gardu induk di Sumut dengan investasi Rp250 miliar untuk menampung energi PLTMH yang dibangun swasta berkapasitas 112 MW.

“Kami siap membangun gardu induk di daerah ini untuk menampung energi listrik yang dihasilkan investor PLTMH,” tuturnya.

14 Lokasi

Sumut sendiri diketahui memiliki potensi pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di 14 lokasi yang mampu menghasilkan energi listrik sebesar 112 megawatt (MW).

Menurut perhitungan PLN dari 14 titik mikro hidro itu, lima di antaranya berada di wilayah” Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pembangunan pembangkit listrik mikro hidro diharapkan mempercepat pemenuhan kebutuhan energi listrik di Sumut yang pertumbuhannya mencapai 9,5%-ll% per tahun di tengah kemampuan PLN secara nasional yang hanya 4%-4,5% per tahun.

Itu sebabnya manajemen PLN mendorong perusahaan swasta nasional untuk membangun pembangkit tersebut sekaligus menjamin komitmen pembelian energi yang dihasilkan.

Untuk mendukung langkah perusahaan swasta membangun PLTMH itu, PLN berjanji akan pembangunan transmisi dan gardu induk untuk menampung daya yang dihasilkan sekitar 14 pembangkit mini hidro tersebut.

Jadi, PLN bermaksud mendukung swasta mengembangkan mini hidro dengan membangun transmisi dan gardu induk. Langkah PLN itu untuk mendukung penuh penyediaan energi listrik di Sumut yang kebutuhannya terus meningkat.

Sumber : Bisnis Indonesia

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s