**Mobil Keren BerBahan Bakar Kotoran Manusia


Mobil Ini Berbahan Bakar Tinja

Terobosan baru dilakukan beberapa insiyur di Inggris. Dalam upaya mengurangi tekanan perubahan iklim, mereka kemudian menciptakan bahan bakar bio gas dari tinja.

Para insinyur menggunakan isi septictank dari 70 rumah untuk menggerakkan Volkswagen (VW) Beetle hingga jarak 10 ribu mil atau sekitar sekitar 16 ribu kilometer. VW Beetle convertible bermesin 2.000 cc itu dinamai Bio-Bug.

“Teknologi konversi itu memang sudah digunakan sejak beberapa waktu lampau, tetapi Bio Bug merupakan mobil pertama di Inggris yang berbahan bakar gas metana dengan performa mesin yang tidak kalah garang,” sebut situs tersebut.

Mohammed Saddiq, bos GENeco, sebuah perusahaan energy terbarukan yang memproduksi protitipe Bio Bug menyebut, para pengemudi tak akan merasakan perbedaan performa mesin Bio Bug dengan mobil berbahan bakar lainnya.

Dia menyebut, kendati menggunakan bahan bakar gas dari tinja namun mobil itu mampu digeber hingga 114 mil per jam atau 182,4 kilometer per jam. Tingkat emisi gas buangya pun lebih rendah ketimbang mobil bermesin sama dengan menggunakan bahan bakar fosil. “Yang pasti mampu menurunkan 19 ribu ton gas CO2 saban tahunnya,” sebut Saddiq.

Lord Rupert Redesdale, Ketua The Anaerobic Digestion and Biogas Association Inggris menyebut Bio Bug akan menjadi pelopor kendaraan ramah lingkungan di masa depan. “Ini merupakan proyek yang sangat menarik dan berpikiran maju untuk menunjukkan segudang manfaat dari pencernaan anaerobik,” kata dia.

Hanya, hingga kini para cerdik pandai itu atau GENeco belum memberikan kepastian apakah mobil itu nantinya dipasarkan secara massal termasuk diekspor ke berbagai negara. Begitu pun dengan banderol harga yang dipatok untuk mobil tersebut. (hd/tempointeraktif.com)

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s