KAPOLRI KARBITAN


Calon Kapolri
Kapolri Karbitan Bisa Rusak Citra Polri

Kapolda Metro Jaya Irjen Timur Pradopo, mengikuti upacara serah terima jabatan (sertijab) di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2010). Dalam Sertijab ini terjadi kenaikan pangkat pada Irjen Timur Pradopo menjadi bintang tiga.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengajuan nama Komjen Pol Timur Pradopo sebagai calon Kapolri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai begitu tiba-tiba. Apalagi pencalonan dilakukan begitu cepatnya sesaat setelah pangkat Timur dinaikkan menjadi Komjen.
Kapolri saja dikarbit, gimana ke depannya. Ini citra buruk bagi Kapolri.
— Neta S Pane

Koordinator Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan ini memicu munculnya persepsi Kapolri Karbitan. Menurutnya, realita ini dapat menjadi preseden buruk bagi Polri ke depannya.

“Ini sesuatu yang luar biasa dalam sejarah Polri dan preseden buruk bagi Polri. Kapolri saja dikarbit, gimana ke depannya. Ini citra buruk bagi Kapolri,” ungkapnya di Hotel Millenium, Selasa (5/10/2010).

Neta mengatakan nama Timur sebenarnya sudah dipersiapkan oleh Presiden SBY, hanya saja karena keraguan, namanya dimunculkan belakangan. Sayangnya, lanjut Neta, pencalonan yang tiba-tiba ini berbahaya bagi masa depan Polri.

“Ini berbahaya bagi masa depan Polri karena Kapolri karbitan akan diminta orang-orang SBY untuk balas jasa. Ketika kroni SBY kena kasus, bukan tak mustahil akan minta balas jasa,” katanya.

Mengenai potensi sikap dari dua calon lainnya, yaitu Komjen Pol Nanan Soekarna dan Imam Sudjarwo, Neta memperkirakan keduanya akan menerima dan berbesar hati. “Biasanya setelah pemilihan mereka tenang dan damai karena menyangkut jabatan mereka. Bisa-bisa jabatan mereka dicabut. Bisa bahaya buat mereka,” katanya.

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s