komponen utama Penerangan jalan umum tenaga surya


Secara garis besar, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ini terdiri dari 5 komponen:
1. Lampu LED, Komponen utama berfungsi untuk penerangan jalan. Lampu LED lebih kuat, hemat dan ramah lingkungan.
2. Solar Module / Panel, Komponen ini berfungsi untuk menangkap energi sinar matahari mengubah menjadi energi listrik. Kapasitas yang tersedia mulai dari kapasitas 5Wp sampai dengan 120Wp, tergantung kebutuhan.
3. Baterai, sebagai penyimpan cadangan listrik yang berasal dari energi sinar matahari.
4. Unit Pengontrol Pengisian, energi sinar matahari (Solar Charge Controller), komponen ini untuk mengontrol energi yang masuk dari solar panel ke baterai. Biasanya terpasang dengan box / rumah baterai, merupakan perangkat elektronik yang mengatur aliran listrik dari modul surya ke baterai / accu dan aliran listrik dari Baterai ke Lampu.
Chargedischarge pengontrol melindungi baterai dari pengisian berlebihan dan melindungi dari korsleting atau pengiriman muatan arus berlebih ke input terminal. Alat ini juga mempunyai beberapa indikator yang akan memberikan kemudahan kepada pengguna PJUTS dengan memberikan informasi mengenai kondisi baterai sehingga pengguna PJUTS dapat mengendalikan konsumsi energi menurut ketersediaan listrik yang terdapat didalam baterai. Selain itu terdapat 3 indikator lainnya yang menginformasikan status pengisian, adanya muatan berlebih dan pengisian otomatis pada saat baterai kosong.

Unit Pengontrol Lampu, komponen ini sebagai sensor untuk menghidupkan ataupun mematikan lampu. Komponen lainnya, tiang penyangga, dengan panjang bervariasi antara 6-12 Meter. Dudukan lampu, dudukan solar panel, rumah baterai, dll. Untuk bagian dudukan lampu, dudukan solar panel dan rumah lampu menggunakan plat besi, untuk bagian atas solar panel terdapat kaca atau mika tembus pandang sebagai pelindung solar panel.

Iklan

KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s